home

Kamis, 24 Januari 2013

Brownies Kukus

BROWNIES KUKUS

Udah lama gak buat kue brownies kukus. Biasanya waktu kuliah dulu sering buat kue kalau ada saudara yang datang, kalau papa n mama lagi ultah, atau pas buat surprise untuk ulang tahun pernikahan papa mama. Kalau saya yg ultah tinggal nunggu kue dari papa mama, orang tersayang n sahabat2. Huehehehe, seenak dewe.. Sekarang semenjak kerja sambil lanjut kuliah waktuku jadi sempit. Jangankan untuk buat kue, waktu diri sendiri yang sering aku lakukan dulu seperti dengerin radio tiap malam sambil buat tugas kuliah, atau maskeran sambil nonton TV. Kalau ga bisa tidur biasanya aku bakalan nulis diary, baca2 buku motivasi sambil dengerin musik klasik menjelang tidur. Bisa ngikutin organisasi di kampus, ikut lomba tulis menulis, datang ke seminar2 pendidikan atau seminar2 kesehatan bareng sahabat2. Tiap pulang kuliah bisa pergi ke jalan2 ke Pustaka Soeman HS sekedar nyari bacaan atau daftar pustaka tugas2 kuliah n skripsi, atau belanja bareng sahabat2 kalau lagi butuh baju n rok. Minggunya bisa jalan bareng papa, mama n adek buat sekedar makan diluar. Tapi itu duluuu. Sekarang ga lagii. Hikss. 

Kangeeen kali dengan masa2 seperti itu. Sekarang tiap hari senin sampai jum’at pergi mengajar jam 7 pagi n pulang tiba di rumah jam 6 sore. Selesai mandi sore, sholat magrib n mengaji langsung “harus” mantengin laptop untuk nyelesaikan tugas2 kuliah yg menumpuk dan menyelesaikan tesis supaya cepat selesai kuliah. Hari sabtu dan minggu full day di kampus untuk kuliah. Sekarang pun harus sering izin kantor supaya bisa ikut bimbingan tesis. Semuanya kejar2an. Sering banged cuma tidur 2-3 jam sehari bahkan beberapa kali ga tidur sama sekali. Pernah 48 jam lebih ga tidur sama sekali karena ngerjakan tugas kantor n kuliah dan hampir pingsan di kampus. Pas dapat libur panjang di Idul Fitry malah harus ngikutin keluarga mudik ke Bandung n Sumbar. Senang tapi capek. Capek tapi senang. Semua harus dijalani dengan ikhlas karena ga boleh menyia-nyiakan masa muda sebelum datang masa tua, ga boleh menyia2kan masa sehat sebelum masa sakit datang. Seperti kata papa di hampir setiap beliau mengantarkanku pergi kuliah “Teteh harus semangat ya nak, bersusah-susah dulu di masa muda supaya bisa bersenang-senang nantinya”.

Loh kok malah curhat disini ya. Hiiihihiii.. Maaf, ini mah cuma euforia senang karena akhirnya di hari libur Maulid Nabi ini dapat libur nasional (yang ga bisa diganggu gugat urusan kerja n kuliah) n hari ini bisa punya waktu seharian buat merawat diri n masak kueee.. Nyummi.. Ini resepnya :

 
Bahan yang diperlukan :
1.      HAAN Instant Cake Mix
2.      COLATTA Dark Compound Chocolate di dalam kotak (lelehkan dengan cara di tim)
3.      Telur 3 butir
4.      Margarin 125 gr (lelehkan)

Alat yang dibutuhkan :
1.      Kukusan
2.      Mixer
3.      Loyang persegi ukuran 18x18 cm/ loyang bulat diameter 14 cm. (oles dengan margarin).

Cara membuat :
1.      Panaskan kukusan dengan api besar.
2.      Sambil menunggu, lelehkan margarin 125 gram (setengah kotak ukuran 250 gram).
3.      Kocok Haan Brownies Kukus, telur dan lelehan margarin menggunakan hand mixer dengan kecepatan tinggi selama 3 menit.
4.      Oles loyang menggunakan margarin, tipis-tipis saja.
5.     Tuangkan 400 gram adonan (setengah adonan) ke dalam loyang yang sudah dioles dengan margarin, kukus dengan api besar selama 25 menit.
6.      Sambil menunggu, lelehkan COLATTA Dark Compound Chocolate dengan cara di tim.
7.     Masukkan campuran 100 gram (seperempat adonan) dengan coklat COLATTA Dark Compound Chocolate yang sudah dilelehkan, kemudian aduk rata. Tuangkan diatas lapisan pertama yang sedang dikukus. Kukus selama 10 menit (sebagai lapisan kedua).
8.      Tuang sisa adonan (seperempat adonan terakhir) diatas lapisan kedua yang sedang dikukus. Kukus selama 20-25 menit.

Selesai. Untuk memastikan bahwa kue telah matang seluruhnya adalah dengan cara menusukkan lidi/ tusuk gigi ke dalam kue. Jika masih ada adonan yang lengket, berarti kue belum matang sempurna.

2 komentar:

  1. hihi mbak, resepnya enak tu, prakteknya da brapa x mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, ga ingat berapa kali buat brownies.. Resepnya praktis karena pakai bahan jadi seperti Haan dan Pondan..
      Terima kasih sudah berkunjung.. :)

      Hapus