home

Senin, 31 Maret 2014

Tips Agar Lulus Tes CPNS


Pengalaman Lulus Tes CPNS 2013 daerah Kota Pekanbaru

Kawan, hari ini saya akan memberikan sedikit tips dalam mempersiapkan berkas-berkas CPNS. Saya yang baru pertama kali mengikuti tes CPNS harus aktif mencari informasi sendiri di internet, surat kabar, informasi dari teman lainnya, maupun datang langsung ke kantor BKD Pekanbaru. Sudah lama saya ingin mengikuti tes CPNS. Saya wisuda tahun 2011, namun terpaksa kerja swasta dulu selama hampir 2 tahun. Saya baru bisa mengikuti tes CPNS tahun 2013 karena pada tahun 2011 dan 2012 tidak ada penerimaan CPNS daerah Kota Pekanbaru. Kota Pekanbaru mengadakan seleksi ujian menggunakan komputer (sistem CAT). Sistem yang baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia pada seleksi CPNS 2013 ini. Dari 6 kabupaten di Riau yang mengadakan seleksi CPNS 2013 (Pekanbaru, Inhil, Siak, Kuansing, Meranti, dan Rohil), hanya 2 daerah saja yang memakai sistem CAT, yaitu Pekanbaru dan Inhil. Sementara daerah lainnya seperti Siak, Kuansing, Meranti, dan Rohil masih memakai seleksi ujian menggunakan LJK. Berikut adalah rangkuman pengalaman saya mengikuti tes CPNS 2013 Kota Pekanbaru.

Langkah 1 : Persiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk melamar CPNS (28 Agustus-26 September 2013)

Biasanya sekitar bulan Juli/Agustus kita sudah membaca berita di koran maupun internet bahwa daerah telah mendapat penetapan persetujuan rincian formasi CPNS tahun 2013. Setelah mendapatkan kabar pasti bahwa CPNS akan dibuka tahun ini, saya mulai mempersiapkan berkas yang diperlukan untuk mendaftar CPNS mengingat waktu pendaftaran CPNS biasanya hanya seminggu.
Berkas yang perlu dipersiapkan adalah :
  1. Pas foto warna 3x4 dan 4x6 warna, tapi siapkan juga hitam putih.. Untuk persiapan, cetak foto sebanyak 10 lembar..
  2. Beli Materai 6000 (1 lembar).
  3. Fotocopi KTP  + KK + Akte kelahiran (legalisir di Disdukcapil)
  4. Fotocopi ijazah dan transkip nilai dari SD-S1 (legalisir di Sekolah dan Kampus masing2).
  5. SK sehat dari dokter pemerintah di Puskesmas maupun RSUD (asli)
  6. SKCK (asli) + legalisir dari Polrestabes
  7. Kartu Pencari Kerja/ Kartu Kuning (asli) + legalisir di Disnaker.
Langkah 2 : Tunggu Pengumuman Penerimaan CPNS di Pekanbaru 2013 (27 September 2013)

Pengumuman biasanya ditempel di papan pengumuman kantor BKD. Kemarin pengumumannya keluar sekitar jam 3 siang tanggal 27 Sep 2013. Selain itu bisa di download pengumumannya di situs resmi daerah masing-masing seperti  http://www.pekanbaru.go.id/ atau di situs http://sscn.bkn.go.id. Didalam pengumuman tersebut diberitahukan rincian formasi yang dibutuhkan beserta nama jabatan dan kualifikasi pendidikan (jurusan). Selain itu diberitahukan persyaratan pelamar yang harus dipenuhi, antara lain :
  1. Membuat surat lamaran ditujukan kepada walikota pekanbaru yang ditulis tangan dengan huruf kapital, menggunakan tinta hitam dan ditandatangi sendiri oleh pelamar diatas materai Rp.6.000,-.
  2. Asli bukti registrasi pendaftaran calon pegawai negeri sipil (daftar online mulai tanggal 27 September 2013 sampai 4 Oktober 2013, daftar, simpan dan print 2 rangkap)
  3. Fotocopy ijazah terakhir dan transkrip nilai yang dilegalisir pejabat yang berwenang.
  4. Fotocopy kartu tanda penduduk (KTP) yang dilegalisir pejabat
  5. Asli Kartu Pencari Kerja Dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota
  6. Pas photo terbaru berwarna ukuran 3x4 (2 lembar) dan 2x3 (2 lembar).
Untuk keterangan lengkap silahkan Download Pengumuman Penerimaan CPNS Pekanbaru 2013

Langkah 3 : Pendaftaran Online dan Pengiriman Berkas Lamaran CPNS (27 September – 4 Oktober 2013)

Setelah selesai mendaftar online di situs http://sscn.bkn.go.id , simpan dan print bukti pendaftaran sebanyak 2 rangkap. Masukkan seluruh berkas (6 syarat CPNS diatas) dalam stopmap folio bertulang (itu loh yang ada penjepit kertas dengan 2 bolongan, tapi seluruh berkas cukup diletakkan saja dalam map, warna sesuai syarat di pengumuman). Didepan map tulis identitas sesuai format, masukkan ke dalam amplop besar tertutup (saya pakai amplop yang bertali mutar-mutar itu). Tulis identitas di depan amplop sesuai format. Kemudian kirim lewat kantor pos mulai 27 September 2013 sampai 4 Oktober 2013.

Langkah 4 : Tunggu Pengumuman Pelamar yang  Lulus Seleksi Administrasi CPNS (10 Oktober 2013)

Tanggal 10 Oktober 2013 pengumuman sudah keluar. Bisa langsung datang ke kantor BKD Pekanbaru. Selain itu bisa di download di situs http://www.pekanbaru.go.id/ atau di situs http://sscn.bkn.go.id. Dalam pengumuman tersebut diberitahukan bahwa tanggal 16-18 Oktober 2013 merupakan waktu Nomor Tanda Peserta Seleksi CPNS. Syarat yang harus dibawa untuk mengambil Nomor Tanda Peserta Seleksi antara lain : KTP dan bukti daftar online yang kita print.

Untuk keterangan lengkap silahkan Download Pengumuman Lulus Seleksi Administrasi CPNS 2013 Pekanbaru

Langkah 5 : Pengambilan Nomor Tanda Peserta Seleksi CPNS (16-18 Oktober 2013)

Pengambilan Nomor Tanda Peserta Seleksi mulai 16-18 Oktober 2013 jam 8.00-15.00 WIB.Syarat yang harus dibawa untuk mengambil nomor peserta di kantor BKD (Walikota Pekanbaru):
  1. KTP
  2. Bukti daftar online yang kita print.
Setelah menyerahkan syarat, menandatangani 2 rangkap bukti pengambilan nomor peserta dan mengambil kartu peserta, lihat papan pengumuman di kantor BKD untuk mengetahui waktu ujian CPNS dilaksanakan serta nomor urut komputer yang akan digunakan.

Langkah 6 : Pelaksanaan ujian seleksi CPNS sistem CAT (21-24 Oktober 2013)

Saya mendapat giliran ujian hari Senin, 21 Oktober 2013, sesi 1, jam 8.00-9.30 WIB, komputer nomor 24. Datanglah 1 jam sebelum ujian dimulai untuk mengetahui letak ruangan dan antisipasi jika ada barang yang tertinggal.
Syarat saat mengikuti ujian :
  1. Membawa KTP
  2. Membawa Nomor Tanda Peserta Seleksi
  3. Mengenakan baju putih + celana (pria) /rok hitam (wanita) + sepatu hitam (sopan dan rapi).
  4. Antri pertama saat registrasi jam 7.30 WIB di aula, dengan memperlihatkan KTP dan Nomor Tanda Peserta Seleksi. Nanti kita akan menandatangani 4 berkas dan diberi cap/ stempel di tangan kanan.
  5. Antri kedua saat memasukkan barang kedalam loker. Kita tidak diperkenankan membawa apapun kedalam ruangan ujian (semua disimpan dalam loker sesuai nomor urut komputer). Kertas kosong dan pensil disediakan oleh panitia.
  6. Antri ketiga saat masuk ke dalam ruangan ujian CAT dan diperiksa lagi KTP + Nomor Tanda Peserta Seleksi + cap ditangan kanan jangan sampai terhapus.
  7. Setelah masuk ruang ujian dan duduk sesuai nomor urut komputer, dengarkan arahan dari panitia CPNS. Setelah mendapatkan instruksi, masukkan/ketikkan NIK dan Nomor Tanda Peserta Seleksi, kemudian dipersilahkan mengerjakan 100 soal ujian dalam waktu 90 menit (sisa waktu tertera dilayar komputer). Hati-hati jangan sampai kehabisan waktu, karena secara otomatis soal ujian dan jawaban akan tertutup setelah waktunya habis.
Setelah selesai ujian, kita bisa mencatat nilai yang tertera di layar komputer. Catatlah :
  1. Skor total (minimal 0, maksimal 500)
  2. Skor TKW
  3. Skor TIU
  4. Skor TKP
Setelah selesai mencatat nilai kita, keluar ruangan setelah mendapat izin dari panitia. Ambil barang kita di dalam loker dan kembalikan kunci loker kepada panitia ujian untuk digunakan oleh peserta ujian sesi selanjutnya. Dalam sehari ada 5 sesi ujian. Dalam tiap sesi ada 45 komputer untuk 45 peserta ujian CAT. Jadi dalam sehari ada 225 peserta yang mengikuti ujian.
Oh ya, saya lebih menyukai ujian dengan sistem CAT dibanding LJK, karena :
  1. Lebih hemat waktu (tinggal klik jawaban, saat mengubah jawabanpun tinggal di klik lagi).
  2. Ada sisa waktu yang tertera otomatis di layar komputer.
  3. Ada keterangan berapa jumlah soal yang telah kita jawab dan yang belum kita jawab.
  4. Ada keterangan warna (warna merah untuk nomor soal yang belum dijawab, warna hijau untuk soal yang telah dijawab).
  5. Selain itu, meja juga terasa lapang karena tidak banyak kertas (hanya ada 1 kertas kosong untuk coret-coret mencari hasil jawaban soal TIU (tes intelegensi umum).
  6. Bisa langsung melihat nilai hasil ujian setelah kita klik “Selesai”. Lebih transparan dan tidak penasaran lagi dengan hasil usaha kita sendiri.
Kalau LJK yang saya rasakan sewaktu UAS, UAN dan SPMB 2007 (tes masuk S1) dan TOEFL, TPA 2011 (tes masuk S2) lalu tidak sepraktis sistem CAT karena :
  1. Membutuhkan waktu lebih banyak saat menghitamkan lingkaran jawaban (harus hati-hati dan tidak boleh keluar garis, belum lagi mengganti jawaban yang harus dihapus dengan hati-hati dan menghitamkan jawaban baru kembali).
  2. Kedua memusingkan karena ada banyak kertas yang mesti dibolak-balik di meja (kertas soal, kertas jawaban LJK yang mesti dijaga hati-hati jangan sampai kotor dan terlipat, serta kertas kosong untuk coret2 mencari hasil jawaban).
Nah, selelesai ujian, kita tinggal menunggu hasil. Banyak-banyak berdoa dan sholat tahajud. Yang penting kita udah berusaha untuk belajar dan menjawab soal-soal CPNS dengan baik.

Langkah 7 : Tunggu Pengumuman Peserta yang Lulus Hasil Seleksi CPNS 2013 (17 Jan 2014)

Hasil CPNS Pekanbaru sudah diumumkan 17 Januari 2014. Pengumuman yang lulus tes CPNS Kota Pekanbaru udah diumumkan di :
  1. Situs http://www.pekanbaru.go.id/home
  2. Ditempel di kantor BKD Pekanbaru
Langkah 8 : Daftar Ulang Untuk Melengkapi Syarat Berkas (17-30 Januari 2014 di BKD Pekanbaru)

Bagi peserta seleksi CPNS Pelamar Umum yang dinyatakan LULUS / DITERIMA sebagaimana daftar Lampiran Pengumuman ini agar segera melaporkan diri dan menyerahkan langsung kelengkapan berkas/dokumen Administrasi sebagai berikut :
  1. Kartu Tanda Peserta Seleksi CPNS Tahun 2013 yang Asli;
  2. Asli dan 1 (satu) lembar fotocopy Surat Lamaran yang ditujukan kepada Walikota Pekanbaru yang ditulis tangan sendiri dengan tinta hitam dibubuhi Materai Rp. 6.000,- bertanggal antara 16 s/d 30 Januari 2014;
  3. 2 (dua) lembar fotocopy Ijazah (ditambahkan Akta IV untuk jurusan non kependidikan) sesuai dengan kualifikasi jabatan/pendidikan yang dilamar dan telah dilegalisir dengan tanda tangan dan stempel basah oleh pejabat yang berwenang;
  4. 2 (dua) lembar fotocopy Transkrip Nilai (ditambahkan Akta IV untuk jurusan non kependidikan) sesuai dengan kualifikasi jabatan/pendidikan yang dilamar dan telah dilegalisir dengan tanda tangan dan stempel basah oleh pejabat yang berwenang;
  5. Pas photo hitam putih terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 6 (enam) lembar;
  6. Asli dan 1 (satu) lembar fotocopy yang telah dilegalisir Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) yang wilayah kerjanya sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk yang berlaku (KTP);
  7. Asli dan 1 (satu) lembar fotocopy yang telah dilegalisir Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Dokter Pemerintah/Unit Pelayanaan Kesehatan Pemerintah
  8. Asli dan 1 (satu) lembar fotocopy yang telah dilegalisir Surat Keterangan Tidak Mengkonsumsi/ menggunakan Narkotika, Psikotropika, Prekusor dan Zat Adiktif lainnya dari Dokter Pemerintah/Unit Pelayanaan Kesehatan Pemerintah;
  9. Asli dan 1 (satu) lembar fotocopy yang telah dilegalisir Kartu Tanda Pencari Kerja dari Dinas Tenaga Kerja;
  10. Asli 2 (dua) rangkap Daftar Riwayat Hidup yang ditulis dengan tangan sendiri memakai huruf kapital/balok, tinta hitam dan ditanda tangani serta ditempel pas photo hitam putih ukuran 3 x 4 sesuai dengan Keputusan Kepala BKN Nomor 11 Tahun 2002 ;
  11. Asli dan 1 (satu) lembar fotocopy Surat Pernyataan yang dibubuhi materai Rp. 6.000,- sesuai dengan anak Lampiran I-d Keputusan Kepala BKN Nomor 11 Tahun 2002, yang berisi tentang : Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan tindak pidana kejahatan; Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta; Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri; Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah; Tidak menjadi anggota atau pengurus Partai Politik;
  12. Surat Pernyataan mengenai bekerja disiplin, jujur, bertanggung jawab dan berdedikasi tinggi serta tidak akan mengajukan permohonan pindah tugas dari Pemerintah Kota Pekanbaru sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun sejak Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT) ditetapkan.
  13. Surat lamaran beserta lampiran dimasukkan dalam 2 (dua) “stopmapfolio bertulang berwarna merah” dipisahkan asli dengan fotocopy serta menuliskan “Nama sesuai Ijazah, Nama Jabatan yang dilamar, Kualifikasi pendidikan dan nomor Tlp/HP”.
Untuk keterangan lengkap silahkan Download Pengumuman Kelulusan CPNS 2013 Pekanbaru.

Langkah 9 : Tunggu Pemberkasan dan Penetapan NIP sampai tiba informasi untuk mulai bekerja.

-SELESAI-

Berdasarkan beberapa sumber seperti riau pos, tribun pekanbaru, dll untuk pelamar CPNS 2013 daerah Pekanbaru :
  1. Kurang lebih sekitar 1.814 orang yang mendaftar online di sscn.bkn.go.id mulai 27 Sep-4 Okt 2013.
  2. Kurang lebih sekitar 1.007 orang yang mengirimkan berkas lamaran ke Walikota Pekanbaru mulai 27 Sep-4 Okt 2013. Berkas diterima paling lambat hingga 6 Oktober 2013 dengan catatan cap pos terakhir 4 Okt 2013.
  3. Kurang lebih sekitar 772 pelamar yang lulus seleksi administrasi yang diumumkan 10 Oktober 2013.
  4. Kurang lebih sekitar 736 pelamar yang melakukan registrasi ulang (menandatangani 2 berkas) dan mengambil Nomor Tanda Peserta Seleksi mulai 16-18 Oktober 2013
  5. Kurang lebih sekitar 727 pelamar yang mengikuti ujian CPNS mulai 21-24 Oktober 2013.
  6. Kurang lebih sekitar 28 orang yang lulus menjadi CPNS 2013 Kota Pekanbaru (Pengumuman tanggal 17 Januari 2014)
Tips agar lulus tes CPNS :
  1. Rajin-rajinlah mempelajari soal TWK (tes wawasan kebangsaan), TIU (tes intelegensi umum), TKP (tes kepribadian) saat mengikuti tes TKD (tes kompetensi dasar). Selain itu baca juga materi sesuai jurusan masing-masing untuk mengikuti TKB (tes komptensi bidang). Bisa membeli buku di Gramedia atau latihan soal di internet.
  2. Rajin-rajinlah berdoa kepada Allah SWT. Selain rutin sholat 5 waktu, perbanyak zikir, doa, puasa dan sholat tahajud.
  3. Mintalah doa restu kedua orangtua kita.
  4. Jangan pelit berbagi informasi CPNS kepada teman, terutama teman yang berada di daerah terpencil dan terlambat mengakses informasi terbaru. Bantulah teman sebisa mungkin yang ketinggalan berita/informasi mengenai syarat CPNS.
  5. Saat ujian, berdo’alah, jangan terburu-buru, kerjalah secara jujur dan periksa kembali jika masih ada sisa waktu.
  6. Setelah selesai ujian, banyak2lah berdo’a dan tawakkal lah. Apapun hasilnya, kita sudah berusaha sebaik mungkin. Semoga Allah SWT memberikan hasil yang terbaik untuk kita. Amin.
Download Pengumuman Resmi 2013 lalu :
  1. DOWNLOAD Pengumuman Penerimaan CPNS 2013 Pekanbaru.
  2. DOWNLOAD Pengumuman Lulus Seleksi Administrasi CPNS 2013 Pekanbaru.
  3. DOWNLOAD Pengumuman Kelulusan CPNS 2013 Pekanbaru.
Untuk Pengumuman tentang CPNS Pekanbaru tahun 2014, mungkin bisa mencari informasi salah satunya di:
  1. Koran Riau Pos dan koran lainnya.
  2. Kantor Pos Indonesia cabang Pekanbaru
  3. Kantor BKD Pekanbaru
  4. Kantor camat se-Kabupaten Pekanbaru
  5. Situs resmi http://www.sscn.bkn.go.id/
  6. Situs resmi http://www.pekanbaru.go.id/

Untuk menghadapi tes CPNS, saya membeli buku di Gramedia, Trimedia, dan online. Berikut buku latihan soal yang saya pelajari :
  1. Sukses menembus tes CPNS Kemendiknas
  2. Rahasia lulus ujian psikotes untuk CPNS
  3. Buku pintar tes CPNS guru dan tenaga medis
  4. Latihan soal di CPNS online

4 komentar:

  1. Alhamdlh makash y mbak infox lengkap skali, ^^
    Mbak ngambil formasi apa mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama2 mbak tara.. Kmrn ambil formasi guru.. :)

      Hapus
  2. Asw mbak, ada contoh surat lamaran dan surat pernyataan tdk mengkonsumsi narkoba dan akan bkerja dsiplin dll?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wlkmslm. Ada, contohnya bisa download di link ini www.pekanbaru.go.id/download/file_manager/5/

      Hapus