home

Jumat, 30 November 2012

Resep Jadi Cewek Cantik, Cerdas & Berkepribadian yang Istimewa




Resep Jadi Cewek Cantik, Cerdas & Berkepribadian yang Istimewa

resensi.jpg
Judul Buku      : Girl Power !    
Penulis             : Nafiisah F.B.
Penerbit           : Gema Insani, Jakarta.
Tahun Terbit    : 2008
Cetakan           : Pertama
Tebal buku      : 110 halaman
Harga              : Rp. 20.500,-
Jenis                : Non fiksi









RINGKASAN ISI BUKU



Cewek yang istimewa itu seperti apa sih? Apakah gambaran cewek istimewa itu sama dengan yang disebut-sebut orang, cewek dengan popularitas yang tinggi seperti Putri Indonesia atau Miss Universe yang katanya punya “brain, beauty & behaviour” ? Cukupkah semua itu untuk membuat seorang cewek mendapatkan label istimewa? Jadi tajir? Iya sih. Jadi terkenal? Sangat mungkin. Menjadi ratu dunia memungkinkan untuk meraih itu semua. Tapi apa hidup kita hanya disibukkan untuk mengejar cita-cita yang seremeh temeh begitu? Maaf ya. Bukan maksud hati muna enggak kepengen terkenal atau gak kepengen jadi cewek tajir, cuma kalau jadi tajir dan terkenal karena mengorbankan aurat, wah rugi di kita, dong.



Buku ini memaparkan tentang bagaimana merubah cara pandang kebanyakan remaja yang salah tentang image cewek istimewa, sehingga menjadi remaja yang proaktif.  Selain itu memberikan saran bagaimana caranya agar kita bisa menjadi cewek yang istimewa namun tetap mematuhi hukum Islam. Kita akan mengetahui, bagaimana sebenarnya cewek yang cantik, cerdas dan berkepribadian yang istimewa itu. Yaitu cewek yang dapat menggunakan kecantikannya untuk membantu orang lain tanpa perlu membuka aurat, tetapi berbusana elegan ala Al-Qur’an. Cewek yang mampu menjaga hati dan pandangan, yang care & share terhadap banyak orang. Cewek istimewa itu cewek yang dapat memanfaatkan kecerdasannya untuk menolong orang-orang sekitar dan dengan niat mencari ridho Allah. Bukan sekedar cerdas untuk diri sendiri, atau malah menggunakan kecerdasan untuk memanipulasi orang lain seperti para koruptor. Cewek istimewa itu cewek yang berkepribadian mulia dengan cara yang Islami.


Biasanya kita, para cewek seumuran remaja, lebih tertarik dengan novel ketimbang buku-buku non fiksi seperti buku pengembangan diri yang bercorak Islam ini. Selain karena isi yang serius dibawakan dengan gaya bahasa yang rumit, ketebalan buku yang lumayan tebal serta harga yang cukup tinggi, membuat para remaja malas melirik buku-buku jenis ini, apalagi membacanya. Padahal banyak sekali pelajaran berharga yang dapat dipetik dari buku-buku non fiksi yang bergenre pengembangan diri/psikologi Islam. Namun, penerbit serta penulis buku ini dapat membuat buku ini menjadi buku yang menarik, sehingga dapat menarik perhatian remaja cewek untuk membacanya serta mempraktekkan tips & trik yang ada dalam buku ini. Hal ini dikarenakan gaya bahasa sang penulis yang komunikatif & berusaha tidak menggurui. Selain itu cover yang didesain ceria & berwarna-warni akan menjadi kesan awal yang menarik. Cukup berbeda dibanding cover buku-buku dengan tema Islami lainnya yang cenderung “serius”.


Secara khusus, buku ini dilengkapi dengan kotak kecil berisi kalimat-kalimat penting dalam suatu bab, serta gambar & komik menarik yang lucu-lucu yang dapat membantu kita mendapatkan gambaran lebih jelas tentang materi buku yang sedang dibaca. Ditambah dengan bab yang menceritakan perjalanan wanita-wanita istimewa sepanjang masa seperti Khadijah binti Khuwalid, Aisyah binti Abu Bakar, Ummu Sulaim binti Milhan, Ummi Kultsum binti Ali sampai Profesor . Cerita wanita istimewa tersebut dapat dijadikan contoh para remaja cewek zaman sekarang yang sebagian besar jauh dari kepribadian Islami.


Selain itu, kita tidak perlu khawatir terjebak dalam opini penulis yang tidak syar’i. Sekarang ini banyak sekali buku-buku pengembangan diri yang dapat memotivasi kepribadian seorang remaja, namun sayangnya pendapat atau saran-saran yang diberikan sedikit bertentangan dengan agama Islam. Berbeda dengan buku pengembangan diri terbitan Gema Insani ini, tips n trik yang diberikan buku ini aman untuk dipraktekkan oleh para remaja wanita Islam. Karena tulisan atau pendapat sang penulis sesuai dengan Ayat-ayat Al-Qur’an. Sang penulis memasukkan saritilawah Al-Qur’an untuk mendukung tulisannya, namun tetap dengan bahasa yang ringan & komunikatif bagi pembaca remaja.


Dengan membaca buku ini, membuat kita yakin bahwa setiap wanita itu special. Dan setiap wanita mempunyai kekuatan untuk menjadi cewek yang istimewa, namun tetap dengan cara yang Islami. Dan itu bisa dimulai dari sekarang.


Sumber : (Juara 2 Lomba Resensi Buku – Riau Pos – 2 Agustus 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar