home

Selasa, 25 Desember 2012

Cantik dari ujung rambut sampai ujung kaki





Merawat diri yuukk..

Sebagai istri yg cerdas, ga cuma pandai masak, bersih2 rumah, merawat anak n suami aja.. Tapi kita juga harus pandai merawat diri sendiri supaya hati suami yg memandang jd senang n makin cinta sama istrinya yg katanya paling tercantiiikk di dunia. Meskipun ini sering kali jadi urusan yg terakhir alias setelah semuanya beres (urusan kuliah S2/S3, urusan kantor, rumah tangga), baru deh kita punya kesempatan utk bersenang2 sendiri. Ga harus ke salon n ngeluarin biaya besar lho, perawatan diri sendiri di rumah juga bisa. Hayuk kita bahas satu persatu.

Definisi CANTIK menurut dr. Debby Vinsky: cantik itu ga harus wajah kita yg terlahir cantik, tapi yg penting harus memenuhi kriteria 5 panca indra:
1.      Penglihatan : Enak dilihat --> Rapih, ga kucel, dll
2.      Penciuman : Tidak bau badan, harum dan bersih.
3.      Perabaan: Kulit halus terawat, dan yg terpenting bersih
4.      Pendengaran: Kata-katanya enak didengar, ga kasar, ga jutek sama orang, ga mengeluarkan kata2 yang menyinggung hati orang lain.
5.      Pengecapan: Bisa memasak, minimal masakan untuk orang tercinta.
(mengutip dari http://mizhasbeautydiary.blogspot.com)

Infeksi kulit karena bakteri, kotoran mata dan infeksi jamur adalah semua infeksi yang berhubungan dengan kebersihan yang kurang terjaga. Menjaga tubuh anda tetap bersih menurunkan resiko tertular infeksi dan terkena infeksi, dan mencegah masalah lain seperti bau, pembusukan gigi dan nafas yang tidak baik. Berikut adalah prosedur dasar kesehatan yang baik untuk dilakukan sehari-hari (dikutip dari berbagai sumber) :
  1. Pakaian : Ganti pakaian, pakaian dalam, stocking dan kaos kaki setiap hari
  2. Ganti handuk mandi setiap 2 hari.
  3. Cuci sarung bantal, guling, seprai, bedcover setiap 1x seminggu.
  4. Mata : jangan membaca disaat matahari akan terbenam, istirahat dari layar laptop tiap 2 jam, hindari debu berlebih, nonton jauh2, dll.
  5. Hidung : pakai masker jika naik sepeda motor, bersihkan hidung ketika berwudhu, dll
  6. Telinga : jauhi suara2 yg keras, bersihkan bagian luar telinga, keluarkan air.
  7. Lidah : jangan makan yg sangat panas dan sangat dingin sekaligus, rajin menyikat lidah ketika menggosok gigi, berkumur setiap selesai makan, dll.
  8. Mulut : Jika anda memiliki bau badan atau bau nafas yang terus menerus meskipun kesehatan anda baik, tanyakan ke dokter anda untuk minta bantuan.
  9. Gigi : Sikat gigi anda dua kali sehari, termasuk sebelum anda tidur.
  10. Kuku : Jaga kuku tetap pendek dan bersih.
  11. Badan : Mandi secara menyeluruh dengan Sabun Dettol dengan formula baru. Tambahkan Cairan Antiseptik Dettol ke air bak mandi anda setiap hari. Gunakan Cairan Antiseptik Dettol dan Krim Pencukur Dettol ketika mencukur.
  12. Rambut : Cuci dan sisir rambut anda secara teratur 
  13. Wajah : Membersihkan wajah 2x sehari dengan facial wash sesuai jenis kulit. Jangan terlalu sering mencuci wajah. Cukup bersihkan saat mandi pagi dan sebelum tidur malam.
  14. Memakai tabir surya muka minimal SPF 30 PA+++ sesuai jenis kulit. Hindari berada dibawah teriknya panas matahari terlalu lama, karena sinar UVA/UVB dapat merusak kulit.
  15. Hindari memakai makeup/kosmetik terlalu sering. Perhatikan iritasi kulit yang terjadi jika alergi terhadap beberapa bahan makeup seperti lanonin, mineral oil, petroleum, isopropyl myristate, parfum buatan, dll. Cuci alat makeup seperti puff, brush, spons 1x seminggu. 
  16. Jangan berbagi barang pribadi seperti sikat gigi, pisau cukur atau kosmetik  
  17. Mengusapkan jeruk lemon/ mentimun/ uap nasi/ batu es ke muka. Mengolesi minyak zaitun khusus daerah kulit yang kering.
  18. Hindari menyentuh mata, hidung, mulut dan wajah anda dengan tangan yang tidak tercuci karena banyak kuman di telapak tangan kita.
  19. Kelola stres dengan menikmati waktu santai atau pergi berlibur.
  20. Pijat tubuh/ SPA aromatherapy untuk melancarkan peredaran darah dan merilekskan tubuh. 
  21. Berolahraga supaya racun keluar lewat keringat
  22. Dari dalam tubuh : Makanlah makanan 4 sehat 5 sempurna, bersih dan halal.  
  23. Banyak minum air putih
  24. Perbanyak makan sayur dan buah / detox usus pakai Melilea Greenfield Organic (175 ribu) + Melilea Organic Henry Apple Orchard (155 ribu) + Melilea Soya Bean (55 ribu)
  25. BAB yang teratur.
  26. Istirahat yang cukup. Hindari begadang terlalu sering. Sebaiknya anda tidur mulai 10 malam hingga 5 subuh agar proses metabolisme tubuh lancar dan tubuhpun menjadi sehat.



Perawatan rambut :

Setiap hari :
  1. Shampo (wajib)
  2. Conditioner.
  3. Rajin sisiran n rapihin rambut aja pakai pernak pernik rambut.
  4. Rambut terlindungi karena pakai jilbab (wajib)
1x seminggu/ 1x sebulan :
  1. Potong Rambut
  2. Hair Creambath
  3. Hair Mask
  4. Hair Spa

Menjelang hari pernikahan :
  1. Hair Scalp Dandruff & Anti Kutu
  2. Hair Scalp Aromatherapy
  3. Ratus Rambut


Perawatan wajah :

Setiap pagi :
  1. Facial wash (wajib)
  2. Day cream/Moisturizer/Sunblock dengan UV Protection minimal SPF 15 PA+++ (wajib)
  3. Bedak tabur
Setiap malam :
  1. Make up remover
  2. Cleansing milk
  3. Facial wash (wajib)
  4. Toner
  5. Eye cream
  6. Essence/ Serum
  7. Night cream
1x seminggu/ 1x sebulan :
  1. Facial Wash
  2. Facial Scrub (scrub wajah)
  3. Facial Peeling Cream (peeling wajah)
  4. Facial Massage Cream (pijat wajah)
  5. Facial Mask (masker wajah)
  6. Comedo Stick + Pore Pack (menghilangkan komedo)
  7. Toner
  8. Moisturizer
Menjelang hari pernikahan :
  1. Facial Bleacing (pemutihan wajah)
  2. Facial (pembersihan wajah secara mendalam)
  3. Totok aura/ Totok wajah

Perawatan gigi, mulut dan bibir :

Setiap hari (setelah makan pagi dan sebelum tidur) :
  1. Sikat gigi + Pasta gigi (wajib)
  2. Dental floss untuk membersihkan makanan yang masih menyangkut di gigi
  3. Obat kumur dipakai seperlunya
  4. Lipbalm dengan UV protection minimal SPF 15 PA+++ (wajib)
1x seminggu/ 1x sebulan :
  1. Scrub bibir : Campurkan (1 sdt gula pasir + 1 sdt minyak zaitun/ madu/ lemon/ garam), gosokkan ke bibir secara perlahan dan lembut, diamkan 3 menit, bilas dengan air. Atau rendam kopi bubuk dalam air panas. Ambil ampasnya dan gosokkan ke bibir secara perlahan. Atau gosok bibir dengan sikat gigi yang lembut agar sel kulit mati terangkat.
  2. Masker bibir : Oleskan madu murni, diamkan sampai kering.
2x setahun :
Setiap 6 bulan cek kondisi gigi dan mulut di dokter gigi. Siapa tau ada lobang halus pada gigi, dan juga pembersihan karang gigi.

Menjelang hari pernikahan :
  1. Tooth Bleaching (Pemutihan gigi)
  2. Pembersihan karang gigi

Perawatan tubuh :
Setiap hari :
  1. Body Wash (mandi shower dengan sabun antiseptic) (wajib)
  2. Body Lotion dengan UV Protection minimal SPF 15 PA+++ (wajib)
  3. Deodorant
  4. Parfum
1x seminggu/ 1x sebulan :
  1. Body Waxing (Tiap selesai haid, cukuran semua bulu di badan + shower)
  2. Body Massage (Oleskan minyak zaitun/ aromaterapi oil ke seluruh tubuh untuk melakukan pijat seluruh tubuh + ruangan yang diberi Fragrance Candle)
  3. Body Scrub (lulur badan)  + shower
  4. Body Mask (masker badan) + Payudara ultra body mask (masker payudara)
  5. Body Bath/ Milk Bath (mandi berendam di bathup dengan rempah/kembang/susu)
  6. Pembersih miss V (dipakai pas lagi haid).
Menjelang hari pernikahan (body bleaching) :
  1. Foot Bath (membersihkan kaki dari kotoran dan merilekskan syaraf)
  2. Body Waxing (menghilangkan bulu halus) + shower
  3. Body Steam (penguapan rempah wangi)/ Sauna (relaksasi dalam ruangan uap panas)
  4. Body Massage (Oleskan minyak zaitun/ aromaterapi oil ke seluruh tubuh untuk melakukan pijat seluruh tubuh + ruangan yang diberi Fragrance Candle)
  5. Body Scrub (lulur badan)  + shower
  6. Body Mask (masker badan) + Payudara ultra body mask (masker payudara)
  7. Body Wrap (pembalutan tubuh dengan ramuan)
  8. Body Bath/ Milk Bath (mandi berendam di bathup dengan rempah/kembang/susu)
  9. Pembersihan miss V/ Ratus Vagina/ V-Spa
  10. Body Wash (mandi shower dengan sabun antiseptic)
  11. Body Lotion dengan UV Protection minimal SPF 15 PA+++
  12. Deodorant
  13. Parfum

Ratus Wangi (Perawatan daerah kewanitaan) :

Setiap hari (wajib) :
  1. Gunakan pakaian dalam yang tidak ketat dan mudah menyerap keringat
  2. Ganti pakaian dalam minimal 2x sehari
  3. Jangan biarkan daerah kewanitaan lembab
1x sebulan setiap haid (wajib) :
  1. Pakailah pembalut yang terbukti aman, sehat dan terjaga kebersihannya
  2. Ganti pembalut setiap 3 jam agar kuman tidak berkembang biak
  3. Gunakan pembersih vagina PH balance jika terasa gatal dan keputihan
Menjelang hari pernikahan :
  1. Ratus Vagina / intimacy spa/ V-spa (untuk perawatan daerah intim)
  2. Mengencangkan payudara (pembersihan, pemijatan dengan pengencangan payudara menggunakan alat khusus selama 20-30 menit, terakhir akan diberikan Payudara ultra body mask (masker khusus payudara)

Perawatan kuku :

1x seminggu :
  1. Potonglah kuku setiap hari jumat (wajib)
  2. Gosok kuku dengan jeruk nipis atau belimbing wuluh
Menjelang hari pernikahan :
  1. Manicure
  2. Pedicure

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar