home

Minggu, 14 April 2013

Tips packing cepat dan lengkap

Saya orang yg sering panik saat terburu-buru dan perlu list saat travelling, sebisa mungkin kita membawa hal yang simple namun tetap memenuhi semua kebutuhan kita. Ya kan.? Nah, disini saya akan memberi sedikit tips tentang barang2 yang mungkin wajib dibawa oleh para wanita. Cek it out.!

  1. Bawalah peralatan mandi seperlunya dalam ukuran kecil : sampo sachet, sabun kecil, sikat gigi, odol kecil, pembersih muka kecil, sisir, ikat rambut, jepit rambut, sunblock, bedak, lipbalm, body lotion, deodorant, parfum, pembalut, tisu basah, tisu kering, handuk kecil, handuk besar.
  2. Pakaian secukupnya yang bisa di mix n match : Pakaian dalam (bh, singlet, celana dalam), baju, celana panjang, gamis, jilbab, ciput ninja, peniti, mukenah, sajadah kecil. Sesuaikan pakaian dengan kondisi geografis, iklim dan cuaca di tempat tujuan. Jika berniat shoping di tempat tujuan, bawa sedikit baju saja agar tidak terkena beban bagasi yang berlebihan. Gembok koper anda. Perhatikan iklim tempat tujuan. Jika dingin, sediakan jaket tebal dan kain panjang serbaguna. Jika musim hujan, sediakan jaket anti hujan. Flatshoes/ skechers dan kaos kaki agar nyaman dan tidak lecet saat berjalan-jalan seharian di tempat tujuan nanti. Sepatu hak tinggi n jas utk acara resmi.
  3. Dokumen penting utk tugas kerja/kuliah. Usahakan tidak membawa laptop atau tablet jika tidak terlalu dibutuhkan. Usahakan tidak membawa barang berharga seperti kalung emas, cincin berlian, dll.
  4. Aksesoris penting : Kacamata minus/plus (bagi yg memakai kacamata), sunglasses, topi (jika ingin leluasa melihat2 di tempat tujuan tanpa takut mata silau karena cahaya matahari). Penyumbat telinga/earplug (jika sakit telinga saat perjalanan di pesawat).
  5. Gadget penting : kamera dan smarthone android + charger baterai + headset. Lebih praktis dan serbaguna untuk telfonan, sms, email, facebook, twitter, instagram, foursquare, kakaotalk, whatsApp, Line, skype, youtube, kamera 8MP with autofocus n flash, video HD, musik, radio, maps, GPS, navigation, latitude, local, opera mini, google translate, kamus lengkap, office suite (microsoft word, excel, power point), compass, aplikasi muslimpro (Al-Quran & terjemah, arah kiblat, dll), kalkulator, notes, games dan ebook (sembari menunggu di airport). Pulsa n baterai smartphone harus siaga juga yaa, hehe..Kamera Canon SX260 + charger baterai + memory + tripod (untuk yg hobi foto2 dengan hasil memuaskan dan tak ingin cepat kehabisan batrai smartphone, hehe). Travel adaptor dengan berbagai macam colokan sesuai tempat tujuan.
  6. Obat dari RS. Obat lainnya (anti mabok, minyak angin, obat sakit perut dan gatal2 terkena serangga). Botol tupperware kosong utk isi ulang air.
  7. Dompet (jangan lupakan uang tunai tempat tujuan, usahakan tidak membawa uang cash terlalu banyak, bawa kartu kredit Visa atau MasterCard, ATM, KTP, SIM, STNK, dan catat nomor bank dan kantor polisi tempat tujuan jika ada hal2 yang tidak diinginkan)
  8. Paspor + visa + tiket (bagi yang melakukan perjalanan keluar negeri). Bawa yang asli. Simpan fotocopi nya di saku anda dan dirumah. Pastikan paspor anda masih berlaku utk 6-7 bulan kedepan.
  9. Nah, buat yang travelling mengendarai sepeda motor atau mobil, pastikan kendaraan dalam keadaan fit. Kalau perlu lakukan service sehari sebelumnya di dealer resmi. Yang menggunakan sepeda motor : pakai helm berSNI, masker hidung agar tidak menghirup asap kendaraan/debu, jaket tebal dan kedap air agar tidak masuk angin/ basah saat hujan, sarung tangan agar tidak merasakan perihnya sinar matahari, sepatu yang nyaman dan kaos kaki supaya tetap fit dalam perjalanan, dan juga tas ransel yang kuat, lebih aman, banyak muatannya dan tidak menggangu kenyamanan dalam berkendara karena melekat dibelakang punggung.. Yang menggunakan mobil jangan lupa selalu pasang sabuk pengaman dan siapkan juga lagu-lagu favorit supaya seluruh anggota keluarga tidak bosan selama perjalanan.
  10. Biasanya sih yang udah punya anak (seperti my mom), bakal nyiapin bekal cemilan di mobil. Yang udah punya bayi, siapkan seluruh keperluan bayi, mulai dari pakaiannya, makanannya sampai obat-obatannya.. Huaahh, ga kebayang yah nanti travelling sambil bawa my baby.. Yang pasti kalau udah punya anak nanti tunggu anakku umur 2 tahun dulu deh baru dibawa jalan2. Kasihan juga kalau masih kecil dibawa kesana kemari, kan masih rentan terkena penyakit..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar