home

Rabu, 07 Agustus 2013

Selamat Hari Raya Idul Fitry 1434 H

Selamat Hari Raya Idul Fitry 1434 H ya semuanyaa.. Mohon maaf lahir dan bathin...

Menjelang hari raya Idul Fitri, banyak pemuda atau pasangan suami istri yang baru menikah mudik menggunakan sepeda motor. Maklumlah, belum ada biaya untuk beli mobil, hehe.. Tapi ada juga yang telah memiliki mobil namun memilih untuk mudik menggunakan sepeda motor dengan alasan untuk menghindari macet, irit bensin, hemat, menikmati pemandangan, angin sepoi-sepoi, tantangan, dll..


Nah, apapun alasannya, keamanan dan kenyamanan saat berkendara sepeda motor perlu kita perhatikan. Inilah beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan :
  1. Pastikan sepeda motor dalam kondisi fit.. Mulai dari rem, rantai, ban, lampu tengah, lampu sen kiri kanan, lampu rem, oli, bensin, busi, dll. Kalau perlu, bawa service ke dealer resmi sepeda motor seperti Honda, Yamaha, dll. 
  2. Pengendara dan penumpang yang ideal.. Idealnya beban sepeda motor untuk 2 orang dewasa, ditambah 1 anak kecil ditengah. Jangan lebih dari 2 orang dewasa karena akan membayakan keselamatan. Selain itu pastikan pengemudi maupun penumpang dalam kondisi sehat dan tidak mengantuk..
  3. Beban yang tidak terlalu banyak.. Usahakan kita tidak membawa barang terlalu banyak.. Karena jika membawa terlalu banyak barang, pikiran menjadi tidak fokus, antara menjaga barang2 yang dibawa maupun kondisi sekitar saat berkendara.. Untuk tips packing, bisa lihat disini:     http://ssilverly.blogspot.com/2013/04/tips-packing-cepat-dan-lengkap.html
  4. Pakailah tas ransel bagi pengendara maupun penumpang.. Selain suami, sang istri sebaiknya juga memakai tas ransel dibanding tas samping maupun tas jinjing.. Karena a) tas ransel lebih aman dari peluang kejahatan yang siap mengintai kapan saja.. b) Selain itu tas ransel yang besar muatannya tentu lebih banyak, tidak membuat kita banyak menenteng ini dan itu.. c) Tas ransel juga lebih nyaman karena digendong dipunggung, bukan dibahu samping.. d) Tas ransel yang berkualitas lebih kuat dibawa, bahkan dengan isi 20kg lebih sekalipun.. e) Selain itu pilih tas ransel yang terbuat dari bahan anti hujan/ bisa membeli bungkus tas agar isi tas tidak basah saat hujan..
  5. Pakailah helm ber SNI.. Saat kita berhati-hati sekalipun, terkadang bahaya kecelakaan masih mengintai.. Jadi lindungi kepala kita dari benturan.. Lebih baik lagi kalau kita memilih helm yang ada kacamata hitam anti UV yang bisa melindungi mata dari silaunya sinar matahari maupun bahaya sinar UVA, UVB dan UVC..
  6. Pakailah masker penutup hidung dan mulut.. Saat mengendarai sepeda motor dijalanan, pastinya kita akan berhadapan dengan asap kendaraan lain dan debu.. Apalagi kalau sempat beriringan dibelakang truk atau bus yang seringkali asapnya hitam dan menyesakkan pernafasan.. Untuk itu, jagalah kesehatan pernafasan kita dengan memakai masker.. Perjalanan pun terasa nyaman karena tidak perlu menutup hidung dengan tangan ketika asap hitam dan debu melanda.. Selain itu masker ini melindungi muka dari panasnya sinar matahari yang terkadang menjadikan kita gerah dan lelah dalam perjalanan..
  7. Pakailah sarung tangan.. Nah sarung tangan seringkali saya sepelekan manfaatnya.. Padahal, dengan memakai sarung tangan, kulit tangan tidak terasa perih dan terbakar, selain itu tidak licin saat banyak keringat yg keluar dari telapak tangan.. Jika tidak memakai sarung tangan, biasanya 15 menit perjalanan di siang hari mampu membuat tangan terasa perih karena terbakar sinar matahari, akibatnya saya merasa gerah dan lelah, ingin cepat-cepat sampai ditempat tujuan, dan sering memegang kendali sepeda motor dengan 1 tangan kanan, dan tangan kiri dimasukkan ke jaket.. Wah, bahaya juga jadinya ya..
  8. Pakailah jaket yang tebal, panjang dan tahan hujan.. Ini pengalaman saya.. Jaket tidak hanya berfungsi untuk melindungi tubuh dari masuk angin, tapi juga pelindung badan ketika jatuh.. Saya pernah jatuh dan tergeser sejauh 2-3 meter di aspal, namun Alhamdulillah tubuh saya tidak luka-luka karena saya memakai jaket dan celana jeans yang tebal..
  9. Pakailah celana jeans yang tebal.. Wah, saya sebenarnya lebih suka memakai rok atau gamis.. Tapi demi kenyamanan saat perjalanan jauh, saya mau menggantinya dengan celana jeans agar terlindungi saat jatuh..
  10. Pakailah sepatu yang nyaman.. Untuk wanita, jangan pakai sepatu hak tinggi.. Sebaiknya tidak memakai sendal.. Karena sepatu  lebih aman dan nyaman saat digunakan.. terbukti ketika kecelakaan kaki saya tidak luka, walaupun sepatu saya lecet2 dan sobek..
  11. Pakailah kaos kaki yang panjang dan nyaman.. Nah, ini sama halnya dengan alasan memakai sarung tangan, agae kulit kaki tidak terasa perih dan terbakar, selain itu tidak licin saat banyak keringat yg keluar dari telapak kaki..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar