home

Sabtu, 17 Agustus 2013

HUT Republik Indonesia ke 68



Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya Bangsa Indonesia
Merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap setia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap setia
Membela negara kita

Nah, itulah salah satu contoh lagu dalam menyambut kemerdekaan Republik Indonesia.. Termasuk HUT RI ke 68 hari ini (17 Agustus 2013).. Hingga sekarang aku selalu bersemangat dan bergembira dalam menyambut 17 Agustus.. Mengapa.?? Karena saat itu bendera dikibarkan di setiap rumah, jalanan menjadi meriah karena ada bendera kecil merah putih yang berjejer disepanjang jalan, gapura gerbang perumahan dipugar dan jadi lebih indah, paginya kita semua upacara bendera yang tim pengibar benderanya dipilih dan dilatih secara khusus, setelah itu ada pertunjukan marching band yang megah, bazar, pawai dan lomba-lomba ala 17an..

Ada berbagai lomba 17 Agustus, seperti :
  1. Lomba panjat pinang
  2. Lomba balap karung, 
  3. Lomba tarik tambang, 
  4. Lomba bakiak, 
  5. Lomba makan kerupuk, 
  6. Lomba mengambil koin buah pepaya yg dilumuri arang
  7. Lomba perang bantal, 
  8. Lomba gladiator di atas empang
  9. Lomba sepak bola sarung bapak-bapak, 
  10. Lomba makeup dengan mata tertutup ibu-ibu, 
  11. Lomba pacu gendong, 
  12. Lomba sepeda lambat, 
  13. Lomba menghias sepeda, 
  14. Lomba memindahkan belut, 
  15. Lomba menangkap angsa
  16. Lomba balon air
  17. Lomba joget balon 
  18. Lomba hula hoop
  19. Lomba masukin paku dalam botol
  20. Lomba pacu tempurung
  21. Lomba pacu egrang
  22. Lomba galah asin/ galasin/ gobak sodor
  23. Lomba membawa kelereng dalam sendok
  24. Lomba memindahkan bendera
  25. Lomba melukis dan mewarnai (tema : semangat HUT RI)
  26. Lomba membawakan lagu kemerdekaan Indonesia (solo/grup)
  27. Lomba mempercantik kelas di sekolah
  28. Lomba RT dengan gapura /hiasan kemerdekaan yang paling meriah dan indah
  29. Lomba bazar kelas dengan penghasilan terbanyak
  30. Lomba gerak jalan tercepat
  31. Lomba lari 200 meter
  32. Pawai budaya 33 provinsi di Indonesia (baju, rumah, adat istiadat, miniatur peninggalan sejarah, dll)
Masih banyak lomba lainnya, dimana hampir semuanya adalah permainan tradisional Indonesia.. Saya dan teman-teman sekolah/ teman ngaji/  teman tetangga sangat sering memainkan permainan tradisional tersebut saat kami masih kecil-kecil dulu.. Berbagai lomba sederhana diatas memiliki makna, yaitu bisa memupuk kebersamaan, kreativitas, sama kemampuan motorik kita, meningkatkan rasa bersaing yang sehat dan meningkatkan semangat.. Itulah makna yang perlu kita sampaikan pada anak-anak kita..  Kita sebagai orang tua, guru maupun pemimpin di daerah setempat wajib menyampaikan makna perayaan 17 Agustus..

Kemerdekaan Republik Indonesia sangat susah diraih.. Semuanya butuh perjuangan, semangat kebersamaan, bersatu dan saling tolong menolong antar rakyat Indonesia.. Jika mereka sama-sama mudah emosi, mau menang sendiri, ingin enak dan berkuasa sendiri, tentu akan terpecah belah dan mana mungkin Indonesia bisa bersatu dan merdeka.. Untuk itulah kita rakyat Indonesia yang telah 68 tahun menikmati kemerdekaan Indonesia, tidak boleh menyia-nyiakan perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan perang demi meraih kemerdekaan Indonesia..

Sekarang, apa saja yang bisa kita lakukan dalam mengisi hari kemerdekaan Republik Indonesia.?
  1. Ajarkan anak dan cucu kita, maupun murid-murid kita untuk bisa mengusir rasa malas mereka.. Ajak mereka untuk memiliki kegiatan positif seperti belajar bersama, memiliki kegiatan peduli sosial, ekstra kurikuler yg bermanfaat, cara berpolitik yang sehat, cara berwirausaha dari modal kecil, hingga menggeluti olahraga yang memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh mereka, karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.. Ajak mereka semua agar selalu bersemangat meraih cita-cita mulia mereka, agar Bangsa Indonesia semakin berkembang dan menjadi negara maju.. Hal ini dapat membantu bangsa Indonesia dalam memberantas kebodohan..
  2. Mari saling mengingatkan antar sesama rakyat Indonesia dari berbagai suku, agama, ras, adat untuk memperbaiki moral agar bangsa ini hidup dalam kerukunan, kedamaian dan saling tolong menolong dalam kebaikan.. Kita harus bersatu.. Hal ini dapat membantu bangsa Indonesia dalam memberantas kejahatan.. 
  3. Kita isi kemerdekaan dengan berusaha meraih 8 aspek kesuksesan : kebahagiaan keluarga, kesehatan, keberhasilan bisnis/karir, peningkatan kekuatan spiritual termasuk moral, hubungan sosial antar manusia, pengembangan diri/pendidikan, rekreasi dan keuangan.. Hal ini dapat membantu bangsa Indonesia dalam memberantas kemiskinan..
  4. Cintai diri kita, keluarga kita, teman-teman dan bumi kita.. Kita menjaga lingkungan kita saat ini untuk kepentingan dan kebaikan anak, cucu dan keturunan kita nanti.. Percuma kan kalau kita sudah menyekolahkan dan menguliahkan mereka hingga jenjang S1, S2, S3, teknologi dan ilmu kesehatan semakin canggih, tetapi mereka hidup dalam lingkungan hidup yang rusak dan tidak sehat, bahkan menyulitkan hidup mereka nanti.. Jagalah bumi kita bersama ini.. 
  5. Terakhir dan terpenting.. Mari kita isi hari kemerdekaan dengan memperbaiki diri sendiri : merdekakan diri dari rasa malas, memperbaiki keimanan kita masing-masing, jangan mudah emosi, jangan mudah dihasut, berpikir jernihlah, berhati lapanglah, saling memaafkanlah, agar kita rakyat Indonesia terus bersatu..
    Merdekaa.!!!
Demikianlah beberapa hal yang dapat kita lakukan dalam memperingati Kemerdakaan Republik Indonesia.. Semoga bangsa Indonesia yang kita cintai ini semakin maju dan hidup dalam kedamaian.. Amiinn.. :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar